Ringkasan Materi Bahasa Indonesia BAB 3 Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 3 "Hal yang Baik bagi Tubuh" Kurikulum Merdeka - Berikut rangkuman lengkap materi Bahasa Indonesia Kelas 7 pada Bab 3 yang membahas tentang Hal yang Baik bagi Tubuh, yuk simak baik-baik.




A. Mengidentifikasi Karakteristik Teks Prosedur



Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi untuk melakukan sesuatu. Teks ini membantu kita untuk memahami dan mengerjakan sesuatu dengan tahapan-tahapan yang benar.

Apa perbedaan antara teks prosedur dan tip? Tip merupakan saran-saran praktis tanpa urutan tertentu agar orang berhasil melakukan sesuatu. Teks prosedur dapat disajikan dalam bentuk gambar atau grafis. Informasi yang tersaji dalam bentuk gambar disebut dengan Infografik.


B. Mengidentifikasi Tujuan Ragam Teks Prosedur



Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat. Teks prosedur dapat berisi ajakan, perintah, atau larangan.

Pada teks prosedur, langkah-langkah panduan dapat dihubungkan dengan kata penghubung seperti kemudian, berikutnya, dan setelah ini. Terkadang penulis menggunakan kata-kata tersebut terlalu sering sehingga diperlukan pelesapan.

Pelesapan adalah penghilangan bagian tertentu yang sama dan sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Umumnya, pelesapan ini terjadi pada kalimat majemuk rapatan, yaitu gabungan beberapa kalimat tunggal yang memiliki subjek atau predikat atau objek yang sama.

Kalimat ajakan atau perintah ditandai dengan:
1. akhir kalimat dapat diakhiri dengan partikel lah atau kan;
2. kalimat perintah dapat berpola inversi yaitu kalimat diawali dengan predikat (P), lalu subjek (S), seperti:
  • Peganglah (P) + pinggiran kursi (S)!
  • Ambillah (P) + dua buku pelajaran (S)!
  • Perhatikan (P) + makanan kalian (S)!


C. Mengenali Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur



Agar dapat mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu, teks prosedur memiliki struktur sebagai berikut.
  • Pendahuluan untuk mengajak pembaca melakukan kegiatan yang akan dijelaskan.
  • Informasi peralatan dan bahan.
  • Langkah-langkah dengan perincian cara, waktu, dan bahan untuk diikuti.
  • Dapat memiliki bagian penutup yang mengulang ajakan kepada pembaca untuk melakukan kegiatan.

Kata keterangan atau adverbia adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain seperti kata kerja (verba) dan kata sifat (adjektiva). Kata keterangan yang sering digunakan pada teks prosedur adalah kata keterangan cara, keterangan alat, dan keterangan tujuan.


Semoga informasi Ringkasan Materi Bahasa Indonesia BAB 3 Kelas 7 Kurikulum Merdeka diatas bermanfaat. Jangan lupa Follow agar dapat notifikasi informasi terbaru lainnya dari Ruang Kelas.

Belum ada Komentar untuk "Ringkasan Materi Bahasa Indonesia BAB 3 Kelas 7 Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel